Kamis, 02 Januari 2014

TANDA TIDAK MENGENAL ALLAH


TANDA TIDAK MENGENAL ALLAH

Kalau sebelumnya kita sudah belajar tentang tanda orang yg "mengenal Allah",
Skrg trg share tentang "tanda/ciri2 orang tidak mengenal Allah"

Kalau Tanda org MENGENAL ALLAH dlm alkitab hanya 1 ayat yg menjelaskan dgn cukup akurat,tanda atau ciri2 org TIDAK MENGENAL ALLAH dalam alkitab dijelaskan oleh RK dalam beberapa ayat,
Sehingga kita dapat mengerti,melihat dan mengintrospeksi diri kita sendiri,apakah "kita sudah mengenal Allah atau belum mengenal",
Itu sebabnya FT mengajarkan/menekankan utk kita bertumbuh dlm MENGENAL ALLAH:

>1 Yoh 5:20 "Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, SUPAYA KITA MENGENAL Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.
>2 Pet 3:18 Tetapi BERTUMBUHLAH dalam kasih karunia dan DALAM PENGENALAN akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Ciri-ciri atau Tanda orang-orang yg TIDAK MENGENAL ALLAH:

1) Hidupnya suka kuatir dan membuat ia cuma fokus pada hal-hal lahiriah.

> Mat 6:31,32a "Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang TIDAK MENGENAL ALLAH.
»»Ayat ini cukup menjelaskan bahwa mereka yg lebih mencondongkan kehidupannya pada kekuatiran akan keperluan2 hidupnya secara lahiriah mengindikasikan "tidak mengenal Allah",makanya pada ayat selanjutnya,Yesus menekankan utk "carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya...dst"

2) Tidak mau meresponi ketika ditegur/diingatkan dlm kasih.

> Mat 18:17 Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang TIDAKMENGENAL ALLAH atau seorang pemungut cukai.
»»Cukup jelas kalau melihat perikop ayat ini,ttg adanya seseorg yg sudah lahir baru,sudah menjadi "kristen"tapi tidak berbuah,masih suka melakukan "dosa",tidak mau mengalami pembaharuan oleh RK..,sehingga perlu ditegur oleh orang lain,ditegur bukan karena marah,tapi karena mengasihi jiwanya agar jgn tersesat (krn ada FT mengatakan:lebih baik teguran yg nyata drpd kasih yg tersembunyi).
»»Mohon buat teman2 kalo saya ada salah,saya siap ditegur yah.

3) Suka mempertahankan kebenaran/pengertian sendiri.

> Roma 10:3 Sebab, oleh karena mereka TIDAK MENGENAL KEBENARAN ALLAH dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.
»»Kondisi ini bisa terjadi dan menjelaskan adanya org2 Kristen maupun diluar kristen yg mempertahankan doktrin2 ajaran manusia dan menolak kebenaran Allah yg sesungguhnya.
»»Utk itu bagi kita yg belajar kebenaran Allah jgn bersandar pada pengertian sendiri,kalo kurang memahami pekerjaan RK,jgn menghakimi,tapi bertanya2kan Tuhan dan RK akan tambah2kan dan singkapkan kebenarannya.

4) Masih suka pilih kasih.(Lebih mencari hormat atau pengakuan manusia)

> Mat 5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang TIDAK MENGENAL ALLAHpun berbuat demikian?
»»Kalau kita melihat konteks ayat ini dihubungkan dgn perikop atau bbrp ayat sebelumnya,cukup menjelaskan supaya "torang jangan pilih kasih",krn motivasi menolong atau membantu org lain supaya berikut2 kita le drg month balas bantu..
Perhatikan ayat sebelumnya;
»»Mat 4:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
Poin ke 4 ciri2 orang tidak mengenal Allah ini kontradiksi dgn sifat Allah yg mengasihi semua orang tanpa memandang bulu,hal ini dijelaskan pada ayat sebelumnya juga masih pada perikop yg sama;
»»Mat 5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
»»Karena Bapa memberikan matahari atau hujan bukan cuma for anak2 Tuhan,tapi juga utk org berdosa,jadi torang juga boleh belajar mengasihi bahkan mereka yg memusuhi kita,ayat sebelumnya lebih menjelaskan lagi hal ini.(»»Mat 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.)

5) Masih hidup dlm dosa(hawa nafsu),dan membuang-buang waktu utk bertobat.

>Titus 1:16 Mereka MENGAKU MENGENAL ALLAH, TETAPI dengan perbuatan mereka, MEREKA MENYANGKAL DIA. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.
»»Mungkin poin ke 5 banyak tidak disadari oleh orang "kristen',banyak yg merasa tidak menyangkal Allah dengan MULUT mereka ,tapi sangat jelas LEWAT PERBUATAN mereka ,mereka telah menyangkal Yesus
>1 Tes4:5 bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang TIDAK MENGENAL ALLAH,
> 1 Pet 4:3 Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang TIDAK MENGENAL ALLAH. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

»»Poin ke 5 ini dijelaskan dgn bbrpa ayat yg terkait krn saling mendukung dan melengkapi dan menunjukkan ciri-ciri orang yg tidak mengenal Allah.
sebab jika seseorang yg mengenal Allah,
dia memahami akan adanya penghakiman yg akan datang,shgga dia tidak akan buang2 waktu dan akan segera bertobat.
karena »»ibr 10:31,12:29" Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup....,Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan."

6) Tidak mau mengasihi.

> 1Yoh 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia TIDAK MENGENAL ALLAH, sebab Allah adalah kasih.
> 1 Yoh 3:15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.
> 1 Yoh 2:10,11 Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia TIDAK ADA PENYESATAN.Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.
»»Sengaja saya memuat bbrp ayat dlm konteks "biblika teologi"krn poin terakhir ini menjelaskan ciri2 org yg tidak mengenal Allah disebabkan tidak mau mengasihi,tidak mau mengampuni,karena mungkin adanya "AKAR PAHIT",ini bukan hanya berlaku pada saudara2 kita secara lahiriah tapi terlebih lagi saudara2 kita dlm Kristus,mgkn ada teman yg telah mengecewakan dan mendukakan kita,marilah kita tetap saling mengasihi dan saling mengampuni agar kita terlepas dari jerat "PENYESATAN" yg dilancarakan sijahat.


Puji Tuhan terlebih dulu FT ini utk saya dan oleh kasih karuniaNYA terus dikuatkan utk berjuang untuk lebih "MENGENAL ALLAH"dgn lebih lagi.sekarang trg belum mengenal dgn sempurna,tapi kelak,satu waktu trg akan mengenal DIA seperti DIA mengenal pa trg samua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar