Sabtu, 25 Januari 2014

KESESATAN



K E S E S A T A N

Kata “Kesesatan” oleh KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) diterjemahkan sebagai:
1.Kebingungan(kata benda)
2. Kesalahan jalan atau pikiran; kekeliruan; sesuatu yg sesat;(kiasan)
Kata dasarnya adalah SESAT.
sesat = a 1 tidak melalui jalan yg benar; salah jalan: malu bertanya -- di jalan; mati --; 2 ki salah (keliru) benar; berbuat yg tidak senonoh; menyimpang dr kebenaran (tt agama dsb): ajaran yg --;-- surut, terlangkah kembali, pb memperbaiki kesalahan yg telah dibuat;(KBBI)

>Maz 19:12 Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari.


>2 Pet 3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.

Penting sekali untuk kita belajar dan memahami KESESATAN ,karena TUHAN YESUS sendiri dengan jelas mengatakan;

Luk 17:1
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.(TB)

Yesus berkata kepada pengikut-pengikut-Nya, "Hal-hal yang menyebabkan orang berbuat dosa pasti akan ada. Tetapi celakalah orang yang menyebabkannya!(FAYH)

Yesus berkata kepada pengikut-pengikut-Nya, "Hal-hal yang menyebabkan orang berbuat dosa pasti akan ada. Tetapi celakalah orang yang menyebabkannya!(BIS)

Then He said to the disciples, "It is impossible that no offenses should come, but woe [to him] through whom they do come!(NKJV)

eipen <2036> (5627) de <1161> {AND HE SAID} prov <4314> {TO} touv <3588> {THE} mayhtav <3101> {DISCIPLES,} anendekton <418> {IMPOSSIBLE} estin <2076> (5748) {IT IS} tou <3588> mh <3361> {THAT} elyein <2064> (5629) ta <3588> {SHOULD NOT COME} skandala <4625> {OFFENCES,} ouai <3759> de <1161> {BUT WOE [TO HIM]} di <1223> {BY} ou <3739> {WHOM} ercetai <2064> (5736) {THEY COME.} (IGNT)


Kata:
skandalon skandalon ("scandal")
Pengucapan:
skan'-dal-on
Asal Kata:
probably from a derivative of 2578
Sumber:
TDNT - 7:339,1036
Jenis Kata:
n n
Dalam AV:
offence 9, stumbling block 3, occasion of stumbling 1, occasion to fall 1, thing that offends 1 (Bing= pelanggaran 9, tersandung blok 3, kesempatan sandungan 1, kesempatan untuk jatuh 1, hal yang menyinggung)


Melihat dari kalimat yang diucapkan Yesus bahwa TIDAK MUNGKIN TIDAK AKAN ADA PENYESATAN,hal ini berarti bahwa PASTILAH AKAN ADA PENYESATAN.

Dari Ucapan Yesus tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa:
1.Ada yang MENYESATKAN ---> orang atau subyek yang menyebabkan kesesatan terjadi.
2.Ada yang DISESATKAN      ---> orang yang menjadi korban penyesatan,kena pengaruh org lain
3.Ada yang TERSESAT           ---> salah jalan,kesasar atau karena kebodohan sendiri menjadi tersesat,bisa jadi karena pikiran nya yang salah/keliru sampai ia tersesat.

>1 Yoh 3:7 Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar;
Yesus telah memperingati tentang kepastian akan adanya penyesatan,dan oleh Roh Kudus,lewat Rasul yohanes mengingatkan lagi agar kita jangan sampai disesatkan.--->” janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu”

Perhatikan bahwa sekalipun seorang Hamba Tuhan sekaliber apapun masih bisa tersesat atau mengalami kesesatan karena belum mencapai “kesempurnaan” (tingkat kepenuhan Kristus),perlu dipahami bhwa kesempurnaan adalah hak Tuhan utk menyempurnakan kita(gereja Tuhan),ketika kita bertemu dgn DIA kelak
 (1 yoh 3:2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.)

Beberapa contoh bagaimana mereka yg dalam hubungannya dgn Tuhan yang dekat tapi toh masih bisa tersesat:

1.Lucifer yg awalnya selalu berada dihadirat Tuhan yg dasyat masih tersesat oleh pikirannya sendiri yang “I will…,I will..”

2.Hawa yang dalam kesempurnaan nya di taman Eden dan bergaul dgn Allah masih bisa tersesat oleh keinginannya.

3.Yudas iskariot yg adalah salah satu murid Yesus,yang melihat dan mendengar perkara2 yang Yesus kerjakan masih bisa tersesat.

4.Petrus dgn pikirannya pernah disesatkan dan pernah menyangkal Yesus.

HAL-HAL YANG DAPAT MENYEBABKAN KESESATAN

1.TIDAK MENGERTI FIRMAN TUHAN(KITAB SUCI)DAN ROH KUDUS(KUASA ALLAH)

>Mat 22:29 Yesus menjawab mereka: "Kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah!
Ada orang yang hanya berpegang pada firman Tuhan tapi mengabaikan peran Roh Kudus dalam kehidupannya,sebaliknya ada orang yang terlalu “nge-roh”tanpa bertumbuh dalam kebenaran Firman Tuhan,keseimbangan antara Firman Tuhan dan Roh Kudus harus ada.

2.PENGERTIAN SENDIRI YANG KELIRU.(SESAT HATI)

>Amsal 5:22,23 Orang fasik tertangkap dalam kejahatannya, dan terjerat dalam tali dosanya sendiri. Ia mati, karena tidak menerima didikan dan karena kebodohannya yang besar ia tersesat.
>Mazmur 95:10 Empat puluh tahun Aku jemu kepada angkatan itu, maka kata-Ku: "Mereka suatu bangsa yang sesat hati, dan mereka itu tidak mengenal jalan-Ku."
>1 Sam 26:21 Lalu berkatalah Saul: "Aku telah berbuat dosa, pulanglah, anakku Daud, sebab aku tidak akan berbuat jahat lagi kepadamu, karena nyawaku pada hari ini berharga di matamu. Sesungguhnya, perbuatanku itu bodoh dan aku sesat sama sekali."
Itulah mengapa Alkitab mengajarkan bahwa kita jangan bersandar ada pengertian sendiri(amsal 3:5,7),sesat hati atau sesat pada pikiran sendiri akan mengakibatkan perilaku yang keliru(ams 2:15,2 Pet2:15,yer 3:21)

3.PERGAULAN YANG SALAH.

>Mazmur 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
>1 Kor 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.
>2 pet 3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.

4.TIDAK MENDAPAT PEMELIHARAAN YANG BAIK (penggembalaan yang salah)
> Yeremia 50:6 Umat-Ku tadinya seperti domba-domba yang hilang; mereka dibiarkan sesat oleh gembala-gembalanya, dibiarkan mengembara di gunung-gunung, mereka berjalan dari gunung ke bukit sehingga lupa akan tempat pembaringannya.
>Yehz 34:4,6,Yang lemah tidak kamu kuatkan, yang sakit tidak kamu obati, yang luka tidak kamu balut, yang tersesat tidak kamu bawa pulang, yang hilang tidak kamu cari, melainkan kamu injak-injak mereka dengan kekerasan dan kekejaman. ….dan tersesat di semua gunung dan di semua bukit yang tinggi; ya, di seluruh tanah itu domba-domba-Ku berserak, tanpa seorangpun yang memperhatikan atau yang mencarinya. …..(seharusnya)Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.
>Yes 29:24 orang-orang yang sesat pikiran akan mendapat pengertian, dan orang-orang yang bersungut-sungut akan menerima pengajaran."
Umat Tuhan atau jemaat yang tidak mendapatkan pengajaran yang benar,tidak mendapatkan penggembalaan yang benar sangat rentan tersesat,ibarat gembala yang membiarkan domba-dombanya kocar kacir,masa bodoh ,tidak mau mengurus dengan benar.tidak memperhatikan menu makanan domba2 yang ia jaga,akan dituntut oleh Tuannya kelak.(Mat 24:46,46)
Makanya penting sekali bagi pelayan2 Tuhan untuk

5.AJARAN YANG SALAH (RAGI).

>Mat 16:6,12 Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."…. Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.
>Ibrani 13:9 Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu.
Ajaran yang salah,keliru dapat mempengaruhi karena menimbulkan pertanyaan perbandingan dan keraguan terhadap ajaran yang telah kita terima,makanya pengertian yang benar akan firman Tuhan menjadi sesuatu yang harus dipahami dalam pertumbuhan orang percaya.

6.PENGARUH PENGUASA.

>Amsal 16:29  Orang yang menggunakan kekerasan menyesatkan sesamanya, dan membawa dia di jalan yang tidak baik.
Kekuasaan seseorang dapat mempengaruhi lewat intimidasi kepada bawahan atau org dibawahnya,kebijakan pemerintah yang salah lewat peraturan yang salah dapat menjadi penyebab orang tersesat,apa terlebih kpd org percaya yang pengertiannya kurang akan Firman Tuhan,bisa jadi hanya nurut saja krn mungkin tidak tahan akan ancaman penguasa.

7.MERAGUKAN(=tidak percaya)

 >Luk 9:41  Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu? Bawa anakmu itu kemari!"
Tidak percaya saja sudah jelas sesat! Tapi dari ayat ini konteksnya murid-murid Yesus ragu,bimbang akan kesanggupan yang dapat Yesus perbuat melihat kondisi si anak yang menderita sakit ,padahal ayat2 sebelumnya menjelaskan bagamana murid2 melihat,mengalami pengalaman langsung ketika Yesus mengalami transfigurasi,dipermuliakan Bapa diatas gunung bersama Elia dan Musa.
Meragukan kesanggupan Allah = tidak percaya apa yang dapat diperbuat oleh Tuhan.

8.KEINGINAN DAGING (kedagingan)

>Mat 5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
>Yak 1:16,17 Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat! Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran
>Gal 3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
>Gal 6:7,8 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya... Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Seperti contoh diatas tadi,Hawa adalah contoh orang yang tersesat karena keinginan dagingnya.Keinginan dagingnya telah menyeret dia dan hanya karena ingin memuaskan hawa nafsunya ia tersesat.

8.UTUSAN IBLIS(MENYAMAR)

> 1 yoh 2:26 Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu.
Penting sekali dipahamai bahwa jika ada orang yg menjadi utusan iblis,maka jelas tujuannya adalaah utk menyesatkan,ia akan berupaya dan tidak hanya satu kali mencoba,tapi dgn trik-triknya si utusan akan berusah/berulang utk menjebak orang percaya.
>Mat 24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
>Mat 24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
>2 Kor 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.

9.KETIDAK PUASAN(AMBISI),KESOMBONGAN

>1 Tim 6:9,10  Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.---->  beberapa orang telah menyimpang dari iman = tersesat.
Ambisi untuk kaya,untuk menjadi terkenal,untuk dihormati sangat jelas dan berbahaya karena menjerat orang2 pada penyimpangan iman.Lucifer adalah contoh yg jelas bagaimana krn ambisi,haus kekuasaan membuat ia terseret pada kesesatan.

10.TIDAK  MAU  MENGAMPUNI(tidak mau mengasihi).

>1 Yoh 2:10,11 Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan. Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.
Tidak sedikit orang Kristen yang sudah terlibat dalam pelayanan tapi masih menyimpan akar pahit,tidak mau menerima dan mengampuni saudaranya,ini berbahaya dan menyesatkan karena kadang tidak disadari sedang berada dalam kegelapan penyesatan.

Setelah mengetahui tentang kesesatan dan hal-hal yang dapat menyebabkan kesesatan, bagaimanakah seharusnya kita orang percaya agar tidak terjerumus dalam kesesatan.??

---to be continue-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar