Sabtu, 25 Januari 2014

PANGGILAN ALLAH



PANGGILAN ALLAH

Kata Panggilan muncul sebanyak 700 x dalam Alkitab.
Baik sebagai kata kerja,kata benda atau kata sifat.
Hebrew root nya ; qr’
Artinya; 1.a> memanggil nama (kej 3:9)
                   b> memanggil nama Tuhan (kej 4:26)
                     dengan makna memohon perlindungan Allah.
               2. menamai ---- > kej 1:5
Menamai ini memiliki makna:
1.Mengandung dalamnya panggilan untuk melayani Allah dalam suatu fungsi atau tujuan khusus (1 sam 3:4,yes 49:1).
2.Bukan hanya sekedar menamai,tapi menjelaskan arti,menguraikan tujuan nama diberikan. (Kej16:1,mat 1:21, Yes43:1)

Ketika kita memanggil seseorang pasti ada maksud dan tujuan,bukan memanggil sekedar iseng saja atau ‘misscall’doang.Demikian halnya ketika Allah memanggil pasti dengan suatu tujuan yang jelas,karena DIA adalah Allah yg hidup,konsisten dan sempurna dalam rencanaNYA.
Kej 1:5 “Dan Allah menamai terang itu siang…”
Ketika Allah ‘menamai” terang dalam penciptaannya,bukan sekedar menjadi terang saja dalam penyebutan tapi dgn suatu fungsi guna untuk apa terang itu ada,dipanggil.
Mat 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus,karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.
>sangat jelas bahwa ketika Allah memanggil atau menamai/menamakan mempunyai suatu tujuan yang jelas.demikianlah halnya dgn kehidupan kita,ketika Allah memanggil kita,pasti dengan suatu tujuan yang jelas,suatu maksud yang mulia yg sudah IA rencanakan sejak semula,dan adalah kehendaknya utk kita hidup didalam panggilan-NYA.(ef 2:10)

>DENGAN APAKAH ALLAH MEMANGGIL KITA ?
Allah memanggil kita dgn berita injil.
2 tes 2:14 Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.
2 pet 1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.
Roma 1:16  Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
Seperti halnya jika saya memanggil anak saya ,tentulah dengan suara,seruan,demikan juga dengan berita injil atau kabar baik(gospel)itu disampaikan lewat suara pemberitaan,ada yang pergi dan beritakan injil keseluruh dunia(mat 28:19,mark 16:15) sebagai suara panggilan bagi setiap orang yang mendengar dan merespon berita itu.Jadi,” IMAN timbul dari pendengaran,dan pendengaran oleh firman Kristus “(Roma 10:17)
Ketika saya mau memanggil anak saya dengan suatu tujuan utk ia datang dan mendengarkan apa maksud panggilan saya,jika saya hendak menugaskan sesuatu (co:untuk membeli kebutuhan pokok di swalayan) pastilah tujuan dari kenapa saya memanggil serta petunjuk-petunjuk akan saya sampaikan kepadanya beserta fasilitas-fasilitas(uang untuk membeli,biaya transport dll) jika saya hendak menugaskannya.
>TUJUAN  PANGGILAN  ALLAH
Alkitab menjelaskan bahwa tujuan panggilan Allah bagi kita adalah Panggilan keselamatan,Yesaya 42:6,
Dimana panggilan keselamatan ini mencakup suatu hidup utk bersekutu dengan Yesus(1 kor 1:9),untuk masuk kerajaan Nya(1 tes 2:12),melayani  Allah dan menerima bagian yang kekal(ibrani 9:15).
Selanjutnya,Perhatikan bahwa ternyata Alkitab mengajarkan bahwa panggilan keselamatan ini berisi paket yang harus di pahami dan dijalani oleh setiap orang yang menerima panggilan keselamatan itu.
>PAKET PANGGILAN ALLAH.
1.Panggilan untuk hidup KUDUS
1 tes 4:7,8  Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus.Karena itu siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan juga Roh-Nya yang kudus kepada kamu.
1 pet 1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu
Ibr 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.
Roma 1:6,7 Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus.Kepada kamu sekalian yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan orang-orang kudus: Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus.
Dari bbrp ayat2 diatas,sangat jelas bahwa panggilan kekudusan itu adalah perintahNYA bagi kita.sebagaimana pengertian dari gereja(ekklesia) secara sederhana sebagai “orang-orang yang dipanggil keluar”,dipanggil keluar,dipisahkan,dikhususkan utk Allah.
2.Panggilan untuk ikut MENDERITA BAGI KRISTUS
Untuk hidup dalam kebenaran Allah,kita akan menderita penolakan-penolakan dunia,karena dunia tidak dapat menerima perubahan2 dan pembaharuan yang kita alami.kita menjadi berBEDA!!
1 Pet2:21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
2 tim2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
Kita harus pahami bahwa ketika seorang prajurit dipersiapkan,ia akan mengalami pelatihan-pelatihan/pendisiplinan yang keras,bahkan ketika dimedan pertempuran yang dihadapi lebih keras lagi.
Filipi 1;29 Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,
Bukan hanya untuk percaya saja,atau bukan hanya untuk berstatus “anak Tuhan” (anak  Tuhan harus menjalani status tersebut sebagai anak Tuhan,bukan anak setan),mungkin ada yang berkata,’saya orang Kristen”,tapi yang seharusnya dia musti membuktikan kekristenanya dengan benar,menjadi surat Kristus yang dapat dibaca semua orang.
3.Panggilan untuk mengikuti Yesus,menjadi MURID YESUS
Mat 4:19-22 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka. dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.
Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Seorang murid harus menerima didikan,ajaran,gemblengan,mana ada murid yang tidak mau di ajar,tidak mau menerima pemuridan….?
Yoh 8:31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-KU

 4.Panggilan untuk memiliki hidup penuh PENGHARAPAN
Bahwa ada pengharapan pada panggilan itu,ada janji yg tidak mengecewakan,sejak beroleh iman,diberikan iman,iman menjadi dasar dari apa yg kita harapkan.(Roma 5:5,ibrani 11:1)
Efesus 4:1,4 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu….,satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
1 Pet 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

>PEMBERIAN ALLAH (FASILITAS),KETERSEDIAAN ALLAH
Bagi mereka yang merespon/menjawab panggilan Allah,Allah memperlengkapinya.
Seperti contoh yang diatas tadi,ketika saya memanggil anak saya utk menugaskan ia ke sebuah swalayan untuk membeli sesuatu,tentunya uang untuk membeli saya beri kan,biaya transport atau kendaraan agar ia dapat menyelesaikan apa yg saya tugaskan.
KETERSEDIAAN ALLAH:
1.Iman
fil 1:29  Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,
Allah mengaruniakan IMAN buat kita utk melangkah dalam panggilanNya,dalam kebenaranNYA,kita dibenarkan karena iman.
2.Diberikan Roh kudus sebagai jaminan,meterai
1 Kor 1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.
2 Kor 1:21,22 Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.
Efesus 1:13,14 Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.
Diberikan Roh Kudus disini sebagai jaminan,bukan berarti Roh kudus menjadi milik kita,kita yang mengatur,bukan!kita  bermitra,bekerja sama dengan Roh kudus,memberi diri dipimpin oleh Roh Kudus,jaminan bahwa akan sampai langkah terakhir,jaminan akan dikuatkan,beroleh hikmat,kesanggupan,kecakapan ilahi dalam memenuhi panggilan Allah.
3.Kasih karunia demi kasih karunia
1 Pet 5:10 Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.
Yoh 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;

4.Allah turut bekerja,kemitraan
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

5.Penyertaan selamanya.
Yudas 1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya
Matius 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Setelah kita mengetahui akan adanya panggilan Allah,tujuan panggilan Allah dan apa isi paket panggilan Allah bahkan ketersediaan Allah bagi kita,karena dari Dialah kita menerima kasih karunia demi kasih karunia,bagaimanakah sikap kita..?

>BAGAIMANA SIKAP KITA TERHADAP PANGGILAN ITU?
Apakah setelah seseorang beroleh keselamatan maka tidak ada bagian yg harus ia kerjakan,apakah setelah Yesus mengatakan “sudah selesai”lantas orang2 yang telah dikaruniakan iman,yang telah menjadi percaya,yang telah beroleh keselamatan hanya duduk diam saja…?
Sikap kita:
1.Berpadanan dengan panggilan itu
Ef 4:1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu
karena panggilan itu berisi panggilan kekudusan,maka kita harus hidup kudus,panggilan itu menjadikan kita murid Yesus,maka kita harus menjadi murid yang baik,demikian juga karena panggilan utk ikut menderita menjadi bagian dari panggilan itu,maka jangan mundur,jangan lari karena goncangan2 iman,karena IA adalah setia,IA akan mampukan karena IA telah memberikan fasilitas/ketersediaanNYA utk membawa kita menjadi pemenangNYA.

2.Lakukan dengan bersungguh-sungguh tugas panggilan itu,berlari-lari mencapai panggilan sorgawi
Poin ke 2 Ini tingkatannya bukan sekedar asal berpadanan saja,bukan sekedar asal so jadi murid Yesus,asal jo so hidup kudus,tidak!tanggalkan apa yg mengikat dan lakukan dgn lebih bersungguh-sungguh lagi!!
Fil 3:13,14 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu PANGGILAN sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
2 pet 1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya PANGGILAN dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

3.Fokus pada Yesus,ikut teladanNYA
Ibrani 3:1 Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam PANGGILAN sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,
Kita dapat mengiring Yesus dengan sungguh2,jika kita focus hanya padaNYA.
Yesus memberi juga suatu teladan hidup dipimpin oleh Roh kudus,jadi setiap org yg beroleh panggilan Allah dalam hidupnya harus memberi diri dipimpin oleh Roh kudus --->Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.(Luk 4:1)
 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ(kisah 20:22,lihat juga Roma 8:14,gal 5:16)

4.Tinggal dalam keadaan sejak dipanggil agar dapat focus.
1 Kor 7:17 Selanjutnya hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan seperti waktu ia dipanggil Allah. Inilah ketetapan yang kuberikan kepada semua jemaat.
1 Kor 7:20 Baiklah tiap-tiap orang tinggal dalam keadaan, seperti waktu ia dipanggil Allah.
1 Kor 7:35 Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasan kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan.

Poin ke 4 kalau dibahas agak ‘sensitif’apalagi untuk kalangan anak muda,tapi demikianlah alkitab mengajarkan.bagi setiap orang yang memahami dan menemukan panggilan Allah dalam kehidupannya,ia akan di tuntun oleh Roh kudus pada kebenaran Allah bahwa ---> Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.(mat 6:33)
5.Bertanding dengan benar
1 Tim 6:12  Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

>>Setelah kita memahami tentang PANGGILAN ALLAH,kita harus melangkah maju karena kebenaran Firman Tuhan mengajarkan bahwa :
Ada tahapan selanjutnya dari sekedar “panggilan”,kita harus menjadi “terpilih”dan sampai langkah terakhir tetap “setia”
Matius 22:14 “ Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."
Wahyu 17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar